Senin, 22 Juli 2019

PENERAPAN TEORI AUSUBEL PADA PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN PERTIDAKSAAN KUADRAT DI SMU


A.    PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan rangkaian kegiatan komunikasi yang kompleks antar manusia, sehingga manusia itu tumbuh sebagai pribadi yang utuh. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah pendidikan. Sebagaimana dikatakan Sudjana,( 1989:1) bahwa upaya perbaikan pendidikan hampir mencakup semua komponen pendidikan, seperti pembaharuan kurikulum, proses belajar mengajar, peningkatan kualitas guru melalui pendidikan profesi guru (PPG), pengadaan buku pelajaran dan sarana belajar lainnya, penyempurnaan system penilaian, penataan organisasi, dan managemen pendidikan.

Mengingat pendidikan selalu berkaitan dengan upaya pembinaan manusia, maka keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada unsure manusianya. Unsur manusia yang paling menentukan berhasilnya pendidikan adalah pelaksana pendidikan yaitu guru. Gurulah ujung tombak pendidikan, sebab guru secara langsung berupaya mempengaruhi, membina dan mengembangkan kemampuan siswa agar menjadi manusia yang cerdas, terampil dan bermoral tinggi. Guru dituntut memiliki kemampuan yang diperlukan sebagai pendidik dan pengajar. Sebagai pengajar guru dituntut harus menguasai bahan ajar yang diajarkan dan terampil dalam mengajarkannya. Cara mengajar seorang guru tercermin dalam proses mengajar belajar.

Dalam hal proses mengajar belajar matematika, penguasaan matematika seorang guru dan cara menyampaikannya merupakan syarat yang sangat esensial. Untuk itu proses mengajar belajar matematika harus diupayakan sebaik mungkin dan perlu mendapat perhatian yang serius. Soedjadi(1985:44) mengatakan bahwa bagaimanapun baiknya kurikulum, bagaimanapun baik materi matematika yang ditetapkan akan tidak mungkin mencapai tujuan sekiranya tidak melalui proses belajar mengajar yang cocok.

Selanjutnya dinyatakan Hudoyo,(1990:9) bahwa penguasaan guru terhadap materi matematika saja belumlah memadai agar peserta didik berpartisipasi secara intelektual dalam belajar guru seyogyanya juga memahami teori belajar sehingga belajar matematika menjadi bermakna bagi siswa.

Hudoyo (1990:13) mengemukakan bahwa teori belajar merupakan hokum-hukum umum yang melukiskan kondisi terjadinya belajar. Dengan demikian teori belajar ini sangan membantu guru dalam menyampaikan bahan pelajaran kepada siswa. Dengan memahami teori belajar, guru akan memahami proses terjadinya belajar pada siswa. Guru mengerti bagaimana seharusnya memberikan stimulasi sehingga siswa menyukai belajar. Guru juga dapat memprediksi secara jitu dan beralasan tentang keberhasilan belajar siswa.

Jika seorang guru akan menerapkan suatu teori belajar dalam proses mengajar belajar, maka guru tersebut harus memahami seluk beluk teori belajar tersebut sehingga selanjutnya dapat merancang bentuk proses mengajar belajar yang akan dilaksanakan.

Bagaimana menerapkan suatu teori belajar dalam proses mengajar belajar ? Berikut akan diuraikan teori belajar Ausubel serta penerapannya dalam proses mengajar belajar pertidaksamaan kuadrat

B.     PEMBAHASAN

1.      Teori Belajar Ausubel

a.       Belajar Menurut Ausebel

Ausubel mengklasifikasikan belajar kedalam dua demensi sebagai berikut:

1)      Demensi-1, tentang cara penyajian informasi atau materi kepada siswa. Demensi ini meliputi belajar penerimaan yang menyajikan informasi itu dalam bentuk final dan belajar penemuan yang mengharuskan siswa untuk menemukan sendiri sebagian atau seluruh materi yang diajarkan

2)      Demensi-2, tentang cara siswa mengkaitkan materi yang diberikan dengan struktur kognitif yang telah dimilikinya. Jika siswa dapat menghubungkan atau mengkaitkan informasi itu pada pengetahuan yang telah dimilikinya maka dikatakan terjadi belajar bermakna. Tetapi jika siswa menghafalkan informasi baru tanpa menghubungkan pada konsep yang telah ada dalam struktur kognitifnya maka dikatakan terjadi belajar hafalan
Kedua demensi ini merupakan suatu kontinum. Novak (dalam Dahar, 1988: 136)

memperlihatkan gambar sebagai berikut:

Belajar Bermakna
Menjelaskan
Pengajaran Audio-
Penelitian Ilmiah


hubungan
antara
Tutorial





konsep-konsep






Penyajian
Melalui
Kegiatan
di
Sebagian
Besar


Ceramah
atau
laboratorium

penelitian
rutin


buku pelajaran
sekolah

atau
produksi






intelektual

Belajar Hafalan
Daftar Perkalian
Menerapkan

Pemecahan



rumus-rumus

dengan coba-coba




untuk







memecahkan







Masalah





Belajar

Belajar  Penemuan
Belajar  Penemuan


Penerimaan
Terbimbing

Mandiri




Sepanjang kontinum mendaftar terdapat dari kiri ke kanan berkurangnya belajar penerimaan dan bertambahnya belajar penemuan, sedangkan sepanjang kontinum vertical terdapat dari bawah ke atas berkurangnya belajar hafalan dan bertambahnya belajar bermakna

Dari gambar diatas dapat dikatakan bahwa belajar penerimaan yang bermakna dapat dilakukan dengan cara menjelaskan hubungan antara konsep-konsep, sedangkan belajar penemuan yang masih berupa hafalan apabila belajar dilakukan dengan pemecahan masalah secara coba-coba. Belajar penemuan yang bermakna hanyalah terjadi pada penelitian ilmiah.

Sehubungan dengan kedua demensi diatas, Ausubel (dalam Hudoyo, 1988: 62) mengklasifikasikan empat kemungkinan type belajar, yaitu belajar dengan penemuan bermakna, belajar dengan ceramah yang bermakna, belajar penemuan yang tidak bermakna, dan belajar ceramah yang tidak bermakna.

Inti dari belajar Ausubel ini adalah belajar penerimaan yang bermakna. Dikatakan Ausubel (dalam Hudoyo, 1988:62) bahwa belajar dikatakan bermakna bila informasi yang akan dipelajari peserta didik disusun sesuai dengan struktur kognitif yang dimilikinya. Dengan belajar bermakna ini peserta didik menjadi kuat ingatannya dan transfer belajar mudah dicapai 
Menurut Ausubel (dalam Dahar, 1988: 142), bahwa prasyarat belajar bermakna adalah sebagai berikut:

1)      Materi yang akan dipelajari harus bermakna secara potensial. Kebermaknaan materi tergantung pada dua factor berikut:

a)      Materi harus memiliki kebermaknaan logis, yaitu merupakan materi yang nonarbitrar dan substantive. Materi yang nonarbitrar adalah materi yang konsisten dengan yang telah diketahui, sedangkan materi yang substantive adalah materi yang dapat dinyatakan dalam berbagai cara tanpa mengubah artinya.

b)      Gagasan-gagasan yang relevan harus terdapat dalam struktur kognitif siswa. Dalam hal ini harus diperhatikan pengalaman anak-anak, tingkat perkembangan intelektual mereka, intelegensi dan usia

2)      Siswa yang akan belajar harus bertujuan untuk melaksanakan belajar bermakna. Dengan demikian siswa mempunyai kesiapan dan niat untuk belajar bermakna. Jadi tujuan siswa merupakan faktor utama dalam belajar bermakna

Sebagaimana disimpulkan oleh Rosser (dalam Dahar, 1988: 143) bahwa belajar bermakna dapat terjadi bila memenuhi tiga komponen yaitu materi pelajaran harus bermakna secara logis, siswa harus bertujuan untuk memesukkan materi itu kedalam struktur kognitifnya dan dalam struktur kognitif siswa harus terdapat unsur-unsur yang cocok untuk mengkaitkan atau menghubungkan materi baru secara nonarbitrar dan substantif. Jika salah satu komponen tidak ada,maka materi itu akan dipelajari secara hafalan

Beberapa Prinsip dalam teori belajar Ausubel

1)      Advance Organizer

Advance Organizer mengarahkan para siswa ke materi yang akan dipelajari dan mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yang dapat digunakan dalam membantu menanamkan pengetahuan baru. Advance Organizer dapat dianggap merupakan suatu pertolongan mental dan disajikan sebelum materi baru (Dahar, 1988: 144)

2)      Diferensiasi Progresif

Selama belajar bermakna berlangsung perlu terjadi pengembangan konsep dari umum ke khusus. Dengan strategi ini guru mengajarkan konsep mulai dari konsep yang paling inklusif, kemudian kurang inklusif dan selanjutnya hal-hal yang khusus seperti contoh-contoh setiap konsep. Sehubungan dengan ini dikatakan Sulaiman (1988:203) bahwa diferensiasi progresif adalah cara mengembangkan pokok bahasan melalui penguraian bahan secara heirarkis sehingga setiap bagian dapat dipelajari secara terpisah dari satu kesatuan yang besar

3)      Belajar Superordinat

Belajar superordinat dapat terjadi apabila konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya dikenal sebagai unsur-unsur dari suatu konsep yang lebih luas. Dinyatakan Dahar, (1988:148) bahwa belajar superorninat tidak dapat terjadi disekolah, sebab sebagian besar guru-guru dan buku-buku teks mulai dengan konsep-konsep yang lebih inklusif

4)      Penyesuaian Integratif (Rekonsiliasi Integratif)

Menurut Ausubel (Dahar, 1988: 148), selain urutan menurut diferensiasi progresif yang harus diperhatikan dalam mengajar, juga harus diperlihatkan bagaimana konsep-konsep baru dihubungkan dengan konsep-konsep yang superordinat. Guru harus memperlihatkan secara eksplisit bagaimana arti-arti baru dibandingkan dan dipertentangkan dengan arti-arti sebelumnya yang lebih sempit dan bagaimana konsep-konsep yang tingkatannya lebih tinggi mengambil arti baru. Untuk mencapai penyesuaian integratif, materi pelajaran hendaknya disusun sedemikian rupa hingga dapat digerakkan hierarki-heirarki konseptual ke atas dan ke bawah selama informasi disajikan. Guru dapat mulai dengan konsep-konsep yang paling umum, tetapi perlu diperlihatkan keterkaitan konsep-konsep subordinat dan kemudian bergerak kembali melalui contoh-contoh ke arti-arti baru bagi konsep-konsep yang tingkatannya lebih tinggi

2.      Cara Menerapkan Teori Belajar Ausubel

Untuk menerapkan teori belajar Ausubel, Dadang Sulaiman menyarankan agar menggunakan dua fase yaitu fase perencanan dan fase pelaksanaan. Fase perencanaan terdiri dari menetapkan tujuan pembelajaran, mendiagnosis latar belakang pengetahuan siswa, membuat struktur materi dan memformulasikan advance organizer. Fase pelaksanakan terdiri darai advance organizer, diferensiasi progresif dan rekonsiliasi integratif

a.  Fase Perencanaan

1)      Menetapkan Tujuan Pembelajaran, tahapan pertama dalam kegiatan perencanaan adalah menetapkan tujuan pembelajaran. Model Ausubel ini dapat digunakan untuk mengajarkan hubungan antara konsep-konsep dan generalisasi-generalisasi. Sebagaimana dikatakan Sulaiman (1988: 199), bahwa model Ausubel tidak dirancang untuk mengajarkan konsep atau generalisasi, melainkan untuk mengajarkan “Organize d bodies of content” yang memuat bermacam konsep dan generalisasi

2)      Mendiagnosis latar belakang pengetahuan siswa, model Ausubel ini meskipun dirancang untuk mengajarkan hubungan antar konsep-konsep dan generalisasi-generalisasi dan tidak untuk mengajarkan bentuk materi pengajaran itu sendiri, tetapi cukup fleksibel untuk dipakai mengajarkan konsep dan generalisasi, dengan syarat guru harus menyadari latar belakang pengetahuan siswa, Efektivitas penggunaan model ini akan sangat tergantung pada sensitivitas guru terhadap latar belakang pengetahuan siswa, pengalaman siswa dan struktur pengetahuan siswa. Latar belakang pengetahuan siswa dapat diketahui melalui pretes, diskusi atau pertanyaan

3)      Membuat struktur materi, membuat struktur materi secara hierarkis merupakan salah satu pendukung untuk melakukan rekonsiliasi integratif dari teori Ausubel

4)      Memformulasikan Advance Organizer, menurut Eggen(1979: 277), Advance

organizer dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: a) mengkaitkan atau menghubungkan materi pelajaran dengan struktur pengetahuan siswa, b) mengorganisasikan materi yang dipelajari siswa

Terdapat tiga macam organizer, yaitu definisi konsep, generalisasi dan analogi

a)      Definisi konsep dapat merupakan organizer materi yang bermakna, bila materi tersebut merupakan bahan pengajaran baru atau tidak dikenal oleh siswa. Untuk kemudahan siswa, guru sebaiknya mengusahakan agar definisi dibuat dalam terminalogi yang dikenal siswa.

b)      Generalisasi berguna untuk meringkas sejumlah informasi

c)      Analogi merupakan advance organizer yang paling efektif karena seringkali sesuai dengan latar belakang siswa. Nilai analogi sebagai advance organizer tergantung pada dua faktor yaitu(1)penguasaan atau pengetahuan siswa terhadap analogi itu, (2) tingkat saling menunjang antara gagasan yang diajarkan dengan analogi yang digunakan. Dengan analogi, motif dan minat siswa lebih baik dibandingkan dengan generalisasi dan definisi konsep

b.      Fase Pelaksanaan

Setelah fase perencanaan, guru menyiapkan pelaksanaan dari model Ausubel ini. Untuk menjaga agar siswa tidak pasif miaka guru harus dapat mempertahankan adanya interaksi dengan siswa melalui tanya jawab, memberi contoh perbandingan dan sebaginya berkaitan dengan ide yang disampaikan saat itu Guru hendaknya mulai dengan advance organizer dan menggunakannya hingga akhir pelajaran sebagai pedoman untuk mengembangkan bahan pengajaran. Langkah berikutnya adalah menguraikan pokok-pokok bahan menjadi lebih terperinci melalui diferensiasi progresif.

Setelah guru yakin bahwa siswa mengerti akan konsep yang disajikan maka ada dua pilihan langkah berikutnya yaitu:1) menghubungkan atau membandingkan konsep-konsep itu melalui rekonsiliasi integratif, atau 2) melanjutkan dengan difernsiasi progresif sehingga konsep tersebut menjadi lebih luas,

3.      Alternatif Penerapan Teori Belajar Ausubel pada Pembelajaran Pokok Bahasan Pertidaksamaan kuadrat

a.       Fase Perencanaan

1)      Menetapkan tujuan Pembelajaran, siswa memahami dan terampil menggunakan aturan dan rumus-rumus persamaan kuadrat, fungsi kuadrat dan grafiknya serta pertidaksamaan kuadrat

2)      Indikator:

a)      Menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan kuadrat

3)      Mendiagnosis latar belakang pengetahuan siswa, latar belakang pengetahuan siswa dalam memahami pokok bahasan ini adalah sebagai berikut;

a)      Pertidaksamaan dan ketidaksamaan (materi SMP kelas-1)

b)      Pertidaksamaan linear satu peubah (materi SMP kelas-1)

c)      Persamaan kuadrat (materi SMP kelas-3)

4)      Membuat struktur materi


5)      Memformulasikan Advance Organizer, untuk mengajarkan pokok bahasan pertidaksamaan kuadrat kelas-1 SMA, pengetahuan yang telah dimiliki siswa dan dapat digunakan sebagai advance organizer adalah sebagai berikut:
a)
Pertidaksamaan  adalah  kalimat  terbuka  yang  ruas  kiri  dan  kanan


dihubungkan oleh salah satu dari tanda , <,
,
,

b)
Ketidaksamaan  adalah  kalimat  tertutup  yang  ruas  kiri  dan  kanan


dihubungkan dengan tanda , <, ,  ,
0,
0,

c)
Pertidaksamaan dalam bentuk seperti ax +b


0; 0,,∈ 0

disebut

pertidaksamaan linear dengan satu variabel. Dikatakan linear karena pangkat dari variabelnya yaitu x adalah satu)

d)     Sifat-sifat yang digunakan dalam menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel adalah

(1)   Jika kedua ruas dari pertidaksamaan ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama, maka penyelesaiannya tidak berubah

(2)   Jika kedua ruas dari pertidaksamaan dikalikan dengan bilangan positif yang sama, maka penyelesaiannya tidak berubah

(3)   Jika kedua ruas dari pertidaksamaan dikalikan dengan bilangan negatif yang sama, maka penyelesaiannya tidak berubah asalkan arah dari


tanda pertidaksamaan dibalik

e)   Bentuk                   umum                    persamaan                    kuadrat                   adalah
0,,,∈                0

f)       Untuk mencari akar-akar persamaan kuadrat digunakan beberapa cara yaitu menfaktorkan, membentuk kuadrat sempurna dan rumus abc

3)      Fase Pelaksanaan




Uraian kegiatan



Prinsip yang digunakan






(1)




(2)

Guru  mengingatkan  siswa  tentang  perbedaan  antara
Advance organizer

ketidaksamaan dan pertidaksamaan





Guru  mengingatkan  siswa  pada  persamaan  linear  satu
Advance organizer

peubah   dan   tiga   sifat   yang   diperlukan   dalam


menyelesaikan pertidaksamaan tsb






Guru
memberi
problema
tentang
tentukan  himpunan
Advance organizer

penyelesaian dari
3−12

5 6

, ∈
Diferensiasi progresif

Guru melanjutkan ke materi pertidaksamaan kuadrat


++<0,
++>0,



+ + ≤


Pertidaksamaan
kuadrat
dalam
bentuk  umum  adalah


0,

++≥0,,,∈,≠0




Diferensiasi progrsif

Dengan menggunakan beberapa contoh antara lain soal

tentukan  himpunan  penyelesaian
d

+2−8>0, ∈


Dengan   arahan   guru,   siswa   diminta   untuk   dapat
Rekonsiliasi integratif

menyimpulkan   cara   yang   dapat   digunakan   dalam


menentukan tanda positif atau negatif pada garis bilangan


Untuk menentukan tanda positif atau negatif pada garis


bilangan, cukup diambil salah satu titikk saja pada salah


satu  daerah,  kemudian  pada  setiap  pergerantian  daerah


tandanya berubah













(1)




(2)












Tentukan himpunan penyelesaian dari


Diferensiasi progresif





























4.Kebaikan Teori belajar Ausubel

Dari uraian tentang teori belajar Ausubel di atas, dapat dikemukakan beberapa kebaikan dri teori belajar Ausubel antara lain:

a.       Informasi yang diperoleh dari belajar bermakna memiliki daya endap(retensi) lebih lama dibandingkan hafalan, karena pemberian setiap konsep baru kepada siswa selalu dikaitkan dengan struktur kognitif yang dimilikinya

b.      Pembelajaran disekolah dapat diselenggarakan dengan efektif dan efisien

c.       Teori belajar Ausubel menuntun guru terbiasa menyajikan materi pelajaran dari konsep yang paling inklusif ke konsep yang kurang inklusif

PENUTUP

Dapat dipahami bahwa materi matematika itu tidak datang dengan sendirinya melainkan hasil temuan para ahli matematika. Namun demikian dalam proses mengajar belajar matematika, tidak semua materi harus dipahami siswa melalui penemuan. Siswa dapat belajar dengan penerimaan yang bermakna asalkan siswa dapat mengkaitkan pengetahuan yang baru dipelajarinya dengan struktur yang telah dimilikinya. Belajar seperti ini dikemukakan oleh Ausubel yang dikenal dengan teori belajar bermakna dan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah.

Walaupun metode yang digunakan metode ceramah, guru tidak perlu pesimis akan kebermaknaan materi yang disampaikan asalkan selalu dikaitkan dengan pengetahuan yang dimiliki siswa. Dengan memakai teori belajar Ausubel ini, guru tidak akan menganggap bahwa pengajaran dengan metode ceramah hanya akan menyebabkan siswa akan belajar secara hafalan.



DAFTAR PUSTAKA

Dahar, Rtnowilis, 1988. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Kurnianingsih, Sri, dkk, 2000. Mathematics for Senior School Grade X, Jakarta: Eksis

Eggen, Paul D&Kauchah, Donal P, 1988. Strategies for Teacher  (Teaching content and

Thinking             Skill) Prentice Hall, Englewood Cliffs New Jersey

Hudoyo, Herman, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: Penerbit IKIP Malang

Nur, Muhammad, 2000. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Studi Matematika & IPA Unesa

Soedjadi, 1985. Mencari Strategi Pengelolaan Pendidikan Matematika Menyongsong Tinggal Landas Pembangunan Indonesia (Suatu Upaya Mawas diri). Pidato Pengukuhan yang diucapkan dalam peresmian jabatan guru besar Pendidikan Matematika di IKIP

Surabaya            pada tanggal 7 September 1985

Sudjana, Nana, 1989. Cara Belajar Siswa aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Sinar    Baru

Sulaiman , Dadang, 1988. Teknologi/ Metodologi Pengajaran. Jakarta: P2LPTK
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar